Kualitas Madu

Kita telah mengetahui berbagai macam manfaat yang dimiliki oleh madu. Namun, sebenarnya madu itu apa sih? Menurut berbagai sumber yang kami rangkum, madu adalah cairan alami berwarna kuning emas yang cukup kental dan memiliki rasa manis. Cairan ini dihasilkan oleh lebah dan serangga lainnya dari sari bunga. Para ilmuwan meneliti kandungan yang terdapat pada produk alami ini, mereka menemukan berbagai macam kandungan gula alami serta enzim, mineral, vitamin, dan asam amino.

Madu dibuat oleh lebah pada salah satu fasilitas alam yang paling efisien di dunia, yaitu sarang lebah. Diantara 10.000 spesies lebah yang berhasil diidentifikasi, lebah madu satu-satunya yang menghasilkan madu. Berkisar antara 60.000-80.000 lebah madu berkumpul menjadi satu koloni dalam satu sarang dan saling bekerjasama. Lebah-lebah tersebut terbang menempuh jarak sejauh 88.000 Kilometer sambil mengunjungi lebih dari dua juta bunga. Mereka mengumpulkan nektar bunga yang dapat menghasilkan madu sebesar 500 gram! Luar biasa bukan perjuangan para lebah tersebut.

Warna dan rasa madu umumnya berbeda-beda. Hal ini bergantung pada sumber nektar bunga. Untuk di Amerika Serikat sendiri, terdapat lebih dari 300 macam madu, karena di sana terdapat bermacam-macam bunga. Bagaimana dengan Indonesia? Dengan keragaman hayati pada hutannya, kemungkinan besar bisa lebih dari itu. Secara umum, untuk madu yang berwarna cerah, memiliki rasa yang halus. Sedangkan yang berwarna lebih gelap, memiliki rasa yang lebih kuat.

Inilah Manfaat Madu untuk Kesehatan Tubuh

1. Khasiat Madu sebagai Antibakteri dan antijamur
“Semua madu adalah antibakteri karena lebah menambahkan enzim yang membuat hidrogen peroksida,” kata Peter Molan, direktur Unit Penelitian Madu di University of Waikato di Selandia Baru.

2. Manfaat Madu untuk Meningkatkan kinerja atletik
Atlet Olimpiade kuno akan makan madu dan buah ara kering untuk meningkatkan kinerja mereka. Ini sekarang telah diverifikasi dengan studi modern, menunjukkan bahwa madu lebih unggul dalam menjaga kadar glikogen dan meningkatkan waktu pemulihan daripada pemanis lainnya.

3. Perkuat sistem kekebalan tubuh
Jenis madu manuka dari Australia telah ditemukan untuk merangsang produksi sel-sel kekebalan tubuh menurut sebuah penelitian di School of Medicine, Cardiff University, Inggris.

Sebagai tambahan, manfaat madu selain untuk kesehatan, juga dapat digunakan untuk kecantikan, karena madu dipercaya dapat menjadikan kulit lebih halus dan lembut.

 

PESAN MADU INI 

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *